Penyebab Terbentuknya Kantung Mata

Kantung mata merupakan salah satu masalah yang dapat merusak penampilan. Mulanya kantung mata tidak begitu terlihat, apabila dibiarkan terlalu lama kantung mata akan semakin menebal dan semakin terlihat jelas. Kantung mata pada umumnya akan terjadi karena proses pertambahan usia, gaya hidup dan faktor keturunan yang merupakan salah satu penyebab timbulnya kantung mata. Pada proses penuaan, lemak yang terletak di bagian bawah akan terlepas karena ligamen semakin menurun dan melemah.

Saat ini banyak wanita yang mengeluhkan masalah kantung mata yang menghitam, kantung mata yang membengkak dan semakin membesar yang semakin merusak penampilan dan membuat wanita terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Mata dan sekitarnya merupakan daerah yang terdapat jaringan longgar karena terisi lemak dan memiliki kulit yang jauh lebih sensitif dibandingkan kulit pada bagian tubuh lainnya. Jaringan lemak di bawah mata akan menipis seiring bertambahnya usia, sehingga rongga mata bagian bawah akan terlihat cekung. Pantulan cahaya yang terlihat cekung akan menyebabkan kantung mata.

Berikut ini adalah penyebab umum terbentuknya kantung mata :

1. Kurangnya istirahat
2. Pola tidur yang tidak teratur
3. Pantulan cahaya
4. Karena proses penuaan
5. Faktor keturunan
6. Alergi
7. Karena adanya penumpukkan lemak
8. Efek samping obat-obatan medis
9. Pra menstruasi
10. Konsumsi garam berlebih
11. Menangis
12. Kurangnya konsumsi vitamin
13. Penggunaan kacamata minus dan plus
14. Menurunnya fungsi ligamen yang mengikat lemak pada rongga mata
15. Efek pancaran langsung sinar ultraviolet
16. Bertambahnya usia
17. Kebiasaan buruk seperti suka menggaruk kulit dibawah mata karena gatal sehingga meninggalkan bekas parut atau goresan kecil, konsumsi makanan

Masalah kantung mata dan warna kelopak di bawah mata yang menghitam sering dikeluhkan oleh banyak wanita. Jaringan lemak di bawah mata akan menipis dengan bertambahnya usia, sehingga rongga mata pada bagian bawah yang terisi lemak menjadi cekung. Pantulan cahaya pada cekung ini bayangan kehitaman. Selain itu, juga terjadi karena terjadinya kerusakan pembuluh darah mikro pada daerah bawah mata tadi yang diakibatkan oleh proses penuaan dan pancaran sinar ultra violet jangka panjang dari matahari. Pembuluh darah kecil akan menjadi lemah dan tidak stabil, mudah pecah, sehingga membuat kulit dan jaringan pembuluh darah balik baru yang berwarna kebiruan. Kulit yang tipis yang banyak memiliki pembuluh darah kebiruan akan membuat kantung mata semakin terlihat berwarna hitam pada bagian bawah mata.

Khusus untuk penderita alergi, warna kehitaman di bawah mata merupakan tanda khas alergi dan bisa muncul sejak usia anak-anak. Terjadinya karena sering menggaruk pada daerah sekitar mata yang gatal. Bekas garukan atau parutan menyebabkan warna kulit menjadi gelap sebagai mekanisme perlindungan tubuh.

Kantung mata terbentuk karena bertambahnya usia. Kulit bagian tengah (dermis) melemah, otot kendur, jadi menggantung karena ditarik ke bawah oleh gravitasi bumi selama bertahun-tahun, sinar matahari jangka panjang membuat bengkak, pembuluh darah lemah dan sering bocor, terjadi juga penumpukan cairan karena sistem pembuangan (limfatik) tidak lagi bisa bekerja dengan baik. Maka kemudian terjadilah kantung mata. Ada juga kantung mata yang justru berisi jaringan lemak berlebihan, hingga terlihat bengkak dan menonjol.


=====================================

>>> Cara Mengatasi dan Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Alami, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Kantung Mata and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>